Kamis, 05 April 2012

Globalisasi

Integrasi produksi, perdagangan, komunikasi dan keuangan yang semakin meningkat pada skala dunia. Globalisasi lebih dari sekedar ekspansi perdagangan dunia, globalisasi berdasar pada kemajuan pada dua-tiga dekade di bidang telekomunikasi dan dan teknologi informasi, khususnya dalam hal layanan sehingga selanjutnya meningkatkan penetrasi antar kekuatan-kekuatan pasar lokal dan internasional di seluruh dunia. Evolusi struktur tenaga kerja pada umumnya dan kemungkinan tenaga kerja perempuan khususnya secara signifikan dipengaruhi oleh perkembangan tersebut. Sejumlah penelitian tentang perubahan dalam hal prospek perempuan dalam pencarian nafkah dalam bidang pembangunan sekarang mesti memperhitungkan dimensi internasional (Joekes 1995, h.6).
Penelitian empiris tentang perubahan tentang intensitas perempuan dalam pekerjaan pada pertumbuhan perdagangan menunjukkan adanya hubungannya positif dan kuat. “Negara-negara berkembang yang melakukan ekspor di bidang manufaktur semakin meningkat ke negara-negara maju cenderung semakin meningkat dalam memperkerjakan perempuan di bidang manufaktur (Wood h. 171). Tidak ada performa manufaktur di Negara – Negara berkembang yang begitu terkendali tanpa bergantung pada pekerja perempuan. (Joekes 1995, h 12.). Sekarang perempuan menempati sepertiga dari seluruh pekerja industri di Negara-negara berkenbang. (Ibid. h.4).

Dalam sebuah serial artikel tentang dampak globalisasi, Guy Standing mengajukan beberapa aspek globalisasi yang mempengaruhi kondisi pekerja,m dengan konsekuensi langsung pada pola kerja laki-perempuan. Dalam kaitannya dengan pertumbuhan perdagangan, dia memberikan penekanan pada bagian investor terkait upah buruh murah, revolusi teknologi yang meningkatkan pilihan-pilihan manajemen dan kritalisasi strategi ekonomi global di bawah bendera penyesuaian struktural , terapi kejut dan kebijakan sisi supply ekonomi ..terkait dengan perubahan yang radikal dalam relasi pasar tenaga kerja, termasuk erosi regulasi yang protektif dan pro kolektif. ...” (Standing 1999, h. 584).


Sumber: terjemahan bebas dari Alexander, P & Baden S,Glossary on Macroeconomics from a Gender Perspective, GTZ:2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar