Senin, 16 Agustus 2010

Akses, Kontrol dan Sumberdaya, Keuntungan/Manfaat


Akses dan kontrol adalah cara untuk menilai bagaimana sumberdaya dialokasikan di antara laki-laki dan perempuan (alokasi sumberdaya berdasarkan gender). Dalam budaya patriarki, perempuan seringkali mempunyai akses tetapi tidak mempunyai kontrol atas sumberdaya.
-         Akses: adalah kesempatan untuk memanfaatkan sumberdaya tertentu. Atau dengan kata lain anda punya kesempatan untuk mempergunakan sumberdaya tertentu; namun tidak mensyaratkan apakah anda mempunyai hak untuk mengontrol atas sumberdaya tersebut. Misalnya perempuan mempunyai sejumlah kesempatan dalam proses politik di tingkat lokal tetapi hanya sedikit bahkan tidak mempunyai pengaruh atau kontrol yang besar atas persoalan-persoalan yang didiskusikan dan hasil akhirnya.
-        
Kontrol: adalah kuasa untuk menentukan bagaimana sumberdaya dimanfaatkan dan siapa yang mempunyai kesempatan untuk memanfaatkannya. Orang yang mempunyai kontrol adalah mereka paling berkuasa untuk mengambil keputusan atas penggunaan sumberdaya, termasuk apakah sumberdaya tersebut akan dijual.
-         Sumberdaya: adalah barang, jasa dan sumber-sumber, termasuk yang bersifat ekonomis (pendapatan rumah tangga) ataupu produktif (tanah, perkakas, alat, pekerjaan, kredit), politis (kemampuan untuk memimpin, informasi dan organisasi)  dan waktu.
-         Keuntungan/Manfaat: retribusi ekonomis, sosial, politis dan psikologis yang berasal dari sumberdaya termasuk kepuasan baik yang bersifat kebutuhan praktis (makanan, perumahan) dan bersifat strategis (pendidikan dan pelatihan kuasa politis)

Source: March, C. et. al., A Guide to Gender Analisis Framework, UK, 1999; Unveiling Gender: Basic Conceptual Elements for Understanding Equity. San Jose: World Conservation Union, 1999 ( http://www.generoyambiente.org/ES/publicaciones_uicn/equidadi/Mod9i/mod9i.htm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar