Rabu, 25 Agustus 2010

Monitoring dan Evaluasi Gender

Monitoring and Evaluation atau pemantauan dan evaluasi merupakan mekanisme yang penting dalam pelaksanaan suatu kebijakan karena berfungsi untuk mengukur dampak dari suatu aktivitas program pembangunan untuk suatu kelompok sasaran dan untuk menilai apakah tujuan-tujuan program tercapai. Untuk mengukur dampak pelaksanaan program-program gender maka alat ukurnya harus memakai alat ukur yang peka gender. Tergantung pada tujuan-tujuan dari suatu program, alat ukur Monitoring dan Evaluasi setidaknya dirancang atau dikembangkan untuk:
-    mengidentifikasi perbedaan laki-laki dan perempuan dalam hal persepsi, sikap, akses dan control terhadap sumber-sumber daya dan pengambilan keputusan;
-    menilai apakah suatu proyek, program atau kebijakan membawa dampak bagi suatu pemahaman bersama tentang apa artinya menjadi perempuan dan laki-laki dalam relasi gender di dalam konteks rumah tangga, masyarakat, ekonomi dan yang lebih luas lagi.

Untuk mengukur apakah suatu proyek atau program pembangunan responsive gender dan membawa dampak bagi terciptanya kesetaraan gender, maka perlu dibuat indicator yang sensitive gender. Indikator monitoring dan evaluasi merupakan alat ukur yang bersifat politis karena informasi yang dihasilkan  dapat dipakai untuk melakukan advokasi untuk kesetaraan gender dan untuk melanjutkan agenda-agenda pemberdayaan perempuan. Indikator yang sensitive gender penting untuk memperhatikan beberapa factor antara lain: data terpilah berdasarkan jenis kelamin karena informasi yang diperoleh tidak bersifat netral dan perbedaan gender memungkinkan adanya perbedaan informasi berdasarkan jenis kelamin. Selain itu oleh karena masalah-masalah gender itu terkait erat dengan nilai-nilai, perilaku dan persepsi yang ada dalam masyarakat maka pengukurannya haruslah mengunakan metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kualitatif dipakai untuk mengukur proses-proses social, mengapa dan bagaimana suatu situasi dapat berubah pada masa depan.

Siapakah yang bertugas melakukan monitoring dan evaluasi? Ini adalah tugas yang dilakukan oleh mereka baik mereka yang menjadi pelaksana kegiatan maupun masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut. (Sumber: http://www.konsnet.dk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar